Rabu, 10 September 2008

Sri Mulyani Jadi Anggota Komite di IMF

Jum'at, 5 September 2008 - 15:56 wib

JAKARTA - Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani Indrawati ditunjuk sebagai salah satu anggota komite pada Dana Moneter Internasional (IMF) Governance Reform.

Komite itu diketuai oleh Trevor Manuel (Menteri Keuangan Afrika Selatan). Selain Sri, anggota komite ini adalah Michel Camdessus (mantan Managing Director IMF), Kenneth Dam (profesor pada University of Chicago), Mohamed El-Erian (co-CEO dan co-CIO pada Pacific Investment Management Co), Guillermo Ortiz (Gubernur Bank Sentral Meksiko), Robert Rubin (Senior Counselor pada Citigroup), dan Amartya Sen (profesor di Harvard University).

Managing Director IMF Dominique Strauss-Kahn mengatakan, nama-nama yang menjabat sebagai anggota komite itu bertugas untuk memberikan rekomendasi perubahan yang mungkin dilakukan IMF untuk memenuhi mandat global secara lebih efektif.

"Kemajuan penting telah dibuat dalam reformasi tata kelola IMF, termasuk inisiatif untuk menyetel kembali kekuatan pengambilan suara di tubuh lembaga," kata Strauss-Kahn, seperti dikutip dari situs IMF, Jumat (5/9/2008).

"Pandangan dari komite, yang saya harap dapat selesai April mendatang, akan memberikan masukan penting bagi upaya reformasi kami," cetusnya.

Untuk diketahui, IMF adalah organisasi internasional yang bertanggung jawab dalam mengatur sistem finansial global dan menyediakan pinjaman kepada negara anggotanya untuk membantu masalah-masalah keseimbangan neraca keuangan masing-masing negara dengan memberikan pinjaman. Sebagai imbalannya, IMF mewajibkan negara yang mendapat bantuan itu melakukan kebijakan tertentu, misalkan provatisasi badan usaha milik negara.

Indonesia selama bertahun-tahun pernah menjadi pasien IMF. Kalangan ekonom yang kritis menuding IMF merupakan penyebab keterpurukan ekonomi Indonesia. (jri)

http://economy.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/09/05/20/143260/sri-mulyani-jadi-anggota-komite-di-imf

Tidak ada komentar: